Aplikasi BCA Mobile menampilkan pesan “sedang dilakukan pemeliharaan”.
Cyberthreat.id – Nasabah Bank Central Asia (BCA) teriak di media sosial karena tak bisa mengakses layanan perbankan via ponsel pintar. Aplikasi BCA Mobile menampilkan pesan “sedang dilakukan pemeliharaan”.
Di Twitter, cuitan nasabah membuat “BCA Mobile” (saat menulis ini mencapai 1.327 tweets) dan “Mbanking BCA” menjadi obrolan paling heboh alias trending topic.
Komentar beragam muncul di Twitter yang ditujukan kepada akun Halo BCA (@HaloBCA), di antaranya sebagai berikut:
Saat Cyberthreat.id mencoba membuka layanan BCA Mobile, tak ada masalah ketika berada di halaman kata sandi. Namun, begitu login ke halaman berikutnya, pesan pemeliharaan muncul, seperti tangkapan layar di bawah ini.
Sementara, tampilan di bawah ini adalah tangkapan layar dari layanan KlikBCA.
BCA melalui akun @HaloBCA mengatakan bahwa memang sedang terjadi kendala layanan di beberapa layanan perbankan BCA.
“Mohon maaf atas ketidaknyamanan yg Bpk/Ibu Pelanggan alami…saat ini sedang dilakukan proses pemulihan dan perbaikan,” tulis BCA menjawab keluhan dari nasabah dengan akun @Almaricj.
Gangguan layanan perbankan ini sebelumnya juga dialami oleh Bank Mandiri melalui layanan selulernya Livin’ by Mandiri (logo kuning) pada Jumat (25 Februari 2022). Layanan baru pulih pada Jumat malam. Corsec Bank Mandiri Rudi As Aturridha kala itu dalam pernyataan persnya mengatakan bahwa gangguan terjadi karena “ada transaksi yang sempat mengalami lonjakan.”[] (Baca: Layanan Bank Eror Saat Tanggal Gajian, Mandiri Kebanjiran Protes Nasabah)
Demokratisasi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence; AI), pada dasarnya, adalah memperluas aksesibilitas teknologi AI ke basis pengguna yang lebih luas.
Di tengah latar belakang ini, ada aspek penting yang secara halus terjalin dalam narasinya, yaitu penanganan identitas non-manusia.
"Karena kita hidup di era digital, jangan hanya menjadi konsumen, tetapi bisa dimanfaatkan untuk sesuatu yang lebih produktif," tambah Nezar.