TISA menghadirkan tiga solusi kepada penyandang disabilitas yakni sebagai Customer Service; sebagai Learning Center; dan sebagai Collection Reminder
Cyberthreat.id - Metrodata Electronics (MDTL) berkolaborasi dengan ThisAble Enterprise dan Kata.ai meluncurkan platform digital yang dirancang untuk membantu penyandang disabilitas. Platform digital yang dinamakan TISA itu menawarkan solusi berupa chatbot, dirancang untuk mensimulasikan percakapan intelektual melalui pengembangan teknologi Artificial Intelligence (AI).
"Kami berharap MTDL melalui aplikasi TISA dapat terus membantu dan menjawab kebutuhan informasi teman disabilitas dalam mendapatkan akses pendidikan dan pekerjaan serta pengaduan ke Kementerian Sosial dan
Ketenagakerjaan, sehingga mereka mendapatkan hak dan kesetaraan sosial," kata Presiden Direktur MTDL, Susanto Djaja, dalam siaran pers kepada Cyberthreat.id, Rabu (26 Agustus 2020).
TISA bekerja dengan mengimplementasikan dan mengintegrasikan chatbot melalui aplikasi WhatsApp kepada ThisAble Enterprise. Menurut Susanto, TISA terbagi dalam tiga fungsi yakni; TISA sebagai Customer Service; TISA sebagai Learning Center; dan TISA sebagai Collection Reminder.
"Pada modul TISA, layanan Customer Service berbasis messenger sudah berfungsi untuk menjawab pertanyaan dan menangani keluhan teman-teman disabilitas yang (solusinya) hadir selama 24 x 7," ujarnya.
Tangkapan layar di salah satu percakapan WhatsApp yang menggunakan layanan TISA
Modul Customer Service, kata dia, berupa registrasi anggota ThisAble serta pengaduan layanan disabilitas seperti masalah hukum, transportasi, sosial, pendidikan, seksual, keamanan, dan sebagainya.
Ke depan, pengembangan modul akan terus dilakukan untuk dapat membantu penyandang disabilitas dalam meningkatkan kompetensi/keahliannya serta memperoleh
pekerjaan.
"Sebagai bentuk kepedulian terhadap kesetaraan hidup penyandang disabilitas, Metrodata memberikan kontribusinya di dalam melakukan implementasi chatbot ini."
Aplikasi TISA juga akan dikembangkan untuk membantu memberikan berbagai solusi finansial. Sebut saja notifikasi tagihan, baik kepada penyandang disabilitas maupun kepada mitra pemberi kerja. []
Demokratisasi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence; AI), pada dasarnya, adalah memperluas aksesibilitas teknologi AI ke basis pengguna yang lebih luas.
Di tengah latar belakang ini, ada aspek penting yang secara halus terjalin dalam narasinya, yaitu penanganan identitas non-manusia.
"Karena kita hidup di era digital, jangan hanya menjadi konsumen, tetapi bisa dimanfaatkan untuk sesuatu yang lebih produktif," tambah Nezar.