Dari kiri: Kepala Departemen Pengawas Bank OJK Hizbullah, Anggota Ombudsman Dadan S. Suharmawijaya, Kepala Departemen Surveilan Sistem Keuangan Bank Indonesia Sempa Arih H. Sitepu, dan Direktur Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri Hery Gunardi dalam konferensi pers terkait sistem eror Bank Mandiri di Gedung Ombudsman Republik Indonesia, Jakarta, Senin (29 Juli 2019).
Ombudsman Republik Indonesia mengapresiasi sistem pengamanan dan penyimpanan data nasabah yang telah diterapkan Bank Mandiri. Sistem back-up data tersebut telah mampu menghindarkan terjadinya kerugian nasabah saat terjadinya insiden perubahan saldo nasabah, Sabtu 20 Juli 2019.
Direktur Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri Hery Gunardi menambahkan, pihak Bank Mandiri akan terus meningkatkan sistem keamanan teknologi informasi perbankan ke depannya. Adapun langkah-langkah yang diambil pihak Bank Mandiri dalam meningkatkan sistem keamanan data nasabah seperti penerapan back-up system yang berlapis, yaitu penambahan mekanisme pemeriksaan secara manual. Mengingat tingginya potensi ancaman dari para peretas/hacker yang tidak bertanggung jawab.
Demokratisasi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence; AI), pada dasarnya, adalah memperluas aksesibilitas teknologi AI ke basis pengguna yang lebih luas.
Di tengah latar belakang ini, ada aspek penting yang secara halus terjalin dalam narasinya, yaitu penanganan identitas non-manusia.
"Karena kita hidup di era digital, jangan hanya menjadi konsumen, tetapi bisa dimanfaatkan untuk sesuatu yang lebih produktif," tambah Nezar.