Sejumlah pengunjung bermain video game daring di sebuah warung internet (warnet) di daerah Cilandak Timur, Jakarta Selatan, Jumat (5 Juli 2019).
Warnet yang sebelumnya populer untuk aktivitas berinternet seperti chatting dan berkirim email, kini telah berubah menjadi tempat bermain video game daring .Pengunjung warnet kini kebanyakan didominasi kalangan remaja yang bisa menghabiskan waktunya seharian bermain video game dengan tarif Rp 4000 per jam.
Survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyebutkan, pada tahun 2018 jumlah pengguna internet Indonesia mencapai 171,17 juta jiwa. Angka ini naik 10,12 persen dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 143,26 juta jiwa.
APJII mencatat pengguna internet tertinggi berusia 15-19 tahun sebesar 91 persen. Disusul kelompok usia 20-24 tahun (88,5 persen) dan 25-29 tahun (82,7 persen).
Sementara, dari segi konten hiburan, menonton video adalah aktivitas tertinggi sebesar 45,3 persen, bermain game 17,1 persen, dan mendengarkan musik 13,3 persen.
Demokratisasi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence; AI), pada dasarnya, adalah memperluas aksesibilitas teknologi AI ke basis pengguna yang lebih luas.
Di tengah latar belakang ini, ada aspek penting yang secara halus terjalin dalam narasinya, yaitu penanganan identitas non-manusia.
"Karena kita hidup di era digital, jangan hanya menjadi konsumen, tetapi bisa dimanfaatkan untuk sesuatu yang lebih produktif," tambah Nezar.