Kejadian yang sama sebelumnya pernah dialami oleh akun Instagram Gojek (@GO-JEK Indonesia) pada 30 April lalu.
Jakarta, Cyberthreat.id – Akun Instagram milik Tokopedia (@Tokopedia), salah satu platform e-commerce Indonesia, pada pukul 20.30 WIB, Jumat (2 Agustus 2019) masih tampak kosong sejak Kamis (1 Agustus).
Sama sekali tidak ada unggahan yang terlihat seperti sebelumnya. Padahal, biasanya Tokopedia mengunggah informasi terkait aneka promo di platformnya.
Di bagian postingan hanya menyisakan jumlah dua postingan, tapi tidak ada foto apa pun yang terlihat Bahkan, foto profil Tokopedia sendiri hilang tanpa jejak.
Tangkapan layar halaman akun Instagram Tokopedia pukul 20.30 WIB, Jumat (2 Agustus 2019).
Belum diketahui mengapa akun Tokopedia yang saat ini telah memiliki 1,3 juta follower mendadak seperti itu. Sementara di akun Twitter Tokopedia (@tokopedia) masih aktif hingga pukul 16.44 WIB, Jumat.
Kejadian yang sama sebelumnya pernah dialami oleh akun Instagram Gojek (@GO-JEK Indonesia) pada 30 April lalu. Halaman akun Gojek tampak bersih tanpa ada postingan apa pun.
Tangkapan layar akun Instagram Gojek pada 30 April lalu.
Beberapa hari setelah itu, Gojek memberikan penjelasan bahwa pembersihan tersebut dalam rangka menyambut bulan Ramadhan.
“Aksi kami kemarin adalah simbolis untuk membersihkan diri mulai dari ucapan, perbuatan hingga postingan di media sosial,” tulis Gojek di akun Instagram-nya.
“Mari kita buka lembaran baru dengan memposting #HanyaKebaikan agar bersama kita bisa #CariKebaikan di bulan Ramadhan,” tulis Gojek.
Demokratisasi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence; AI), pada dasarnya, adalah memperluas aksesibilitas teknologi AI ke basis pengguna yang lebih luas.
Di tengah latar belakang ini, ada aspek penting yang secara halus terjalin dalam narasinya, yaitu penanganan identitas non-manusia.
"Karena kita hidup di era digital, jangan hanya menjadi konsumen, tetapi bisa dimanfaatkan untuk sesuatu yang lebih produktif," tambah Nezar.