We Are Social bekerjasama dengan situs layanan manajemen konten Hootsuite menyebut pemanfaatan internet di Indonesia di dominasi pengguna medsos.
Jakarta, Cyberthreat.id – Perusahaan media asal Inggris We Are Social bekerjasama dengan situs layanan manajemen konten Hootsuite menyebut pemanfaatan internet di Indonesia di dominasi oleh penggunaan media sosial.
Dari 268,2 juta total jumlah penduduk Indonesia, sekitar 150 juta merupakan pengguna internet aktif. Hampir semuanya menggunakan atau memiliki akun di berbagai platform media sosial.
“Artinya hampir separuh masyarakat Indonesia menggunakan internet untuk bermain media sosial,” kutip pernyataan dari laman wearesocial.com, Senin (11/3).
Jika dilihat dari pertumbuhannya sejak Januari 2018, maka pengguna internet di Tanah Air tumbuh 13 persen atau bertambah sebanyak 17 juta pengguna. Mereka aktif berselancar di media sosial yang juga tumbuh pesat sampai 15 persen atau tumbuh 20 juta pengguna.
Platform video Youtube paling populer dan paling banyak digunakan pengguna internet di Tanah Air mencapai 88 persen. Berikutnya adalah aplikasi percakapan Whatsapp 83 persen kemudian diikuti jejaring sosial Facebook 81 persen dan Instagram di angka 80 persen.
Berdasarkan sisi kategori usia pengguna, dihitung berdasarkan kombinasi dari advertising audiences dari Facebook, Instagram dan Facebook Messenger. Usia pengguna berkisar 18 tahun hingga 34 tahun cukup mendominasi yang dalam kategori milenial.
Rata-rata orang Indonesia menghabiskan waktu 3 jam 23 menit sehari untuk mengakses media sosial.
Redaktur: Andi Nugroho
Demokratisasi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence; AI), pada dasarnya, adalah memperluas aksesibilitas teknologi AI ke basis pengguna yang lebih luas.
Di tengah latar belakang ini, ada aspek penting yang secara halus terjalin dalam narasinya, yaitu penanganan identitas non-manusia.
"Karena kita hidup di era digital, jangan hanya menjadi konsumen, tetapi bisa dimanfaatkan untuk sesuatu yang lebih produktif," tambah Nezar.